Friday, September 19, 2014

Seputar Konseling Pra Kehamilan

Konseling Pra Kehamilan
Info Kesehatan Bunda & Anak - Untuk pasangan muda yang baru saja menikah tentu sangat mendambakan kehadiran momongan atau buah hati. Apalagi ketika datang nya masa subur untuk pasangan tersebut, tentu sangat dianjurkan untuk bimbingan atau konseling pra kehamilan. Biasa nya para pasangan suami istri muda bisa langsung menghubungai dokter atau pun bidan untuk bertanya-tanya sekaligus berdiskusi bersama tentang perencanaan kehamilan.

Tujuan konseling pra kehamilan

Informasi mengenai Seputar Konseling Pra Kehamilan bagi setiap pasangan suami istri yang baru menikah tentu sangat penting. Karena ini meyangkut bagaimana cara mempersiapkan untuk bisa mendapatkan kehamilan yang sehat. Semua memang butuh perencanaan yang matang termasuk juga kehamilan, di mana ini akan menjadi modal utama demi keberhasilan kehamilan yang sehat. Dokter atau bidang akan membantu para pasangan suami istri dalam mengatasi masalah kesehatan yang berhubungan dengan proses kehamilan seperti kandunga yang kurang baik, riwayat genetika, dan juga persiapan psikologis.

Info kesehatan dalam konseling pra kehamilan

Ketika mempersiapkan semua hal yang dibutuhkan dalam masa kehamilan nanti, pasangan suami istri tidak usah malu dan ragu-ragu untuk memberitahukan masalah-masalah yang berkaitan dengan kondisi kesehatan. Untuk itu para pasangan suami istri muda harus percaya kepad dokter dan bidan, di mana mereka tentu akan menjaga kerahasian seluruh informasi kesehatan para pasien nya. Mengenai konseling pra kehamilan ini, ada beberapa pertanyaan yang perlu diketahui oleh setiap pasangan suami istri seperti :
  • Biodata suami istri secara lengkap
Biasanya biodata pasangan suami istri ini seputar umur saat ini, umur ketika menikah, lama waktu pernikahan, berapa kali menikah, dan pekerjaan.
  • Riwayat kesehatan setiap pasangan
Untuk pertanyaan seputar riwaya kesehatan ini mencakup riwayat kesehatan pasangan dan keluarga, di mana ini merupakan penyakit yang memang sudah ada diri pasangan suami istri dan juga keluarga (penyakit turunan). Untuk riwayat penyakit ini termasuk penyakit yang pernah atau saat ini diderita pasangan suami istri, pernah di operasi atau tidak, bagaimana riwayat sosial dan juga data psikologis pasangan tersebut.
  • Riwayat genetika
Riwayat genetika ini akan mencakup penyakit atau kelainan dalam keluarga baik dari segi kejiwaan ataupun kelainan darah bahkan cacat bawaan. Beberapa contoh penyakit genetic seperti anemia sel sabit,  hemofili, dan schizophrenia.
  • Adanya pernikahan antar anggota keluarga dan penyimpangan perilaku seksual
Pertanyaan ini meliputi hal-hal yang berhubungan dengan adanya kemungkinan terjadinya resiko penyimpangan genetik keluarga pasangan baik suami atau istri. Yang tergolong di dalamnya seperti pernikahan antar keluarga sekandung atau saudara, kehamilan akibat hubungan incest, dan juga beberapa tindakan penyimpangan seksual seperti biseksual, berganti-ganti pasangan dan sebagainya.
  • Pola dan perilaku hidup
Adapun beberapa pertanyaan dokter dalam konseling pra kehamilan adalah yang berkaitan dengan pola dan perilaku hidup sehari-hari seperti apakah baik suami atau istri pecandu alkohol, perokok aktif, pola makan, aktifitas olahraga, sampai ke hobi memelihara binatang di rumah.
  • Untuk  calon ibu hamil
Selain beberapa pertanyaan di atas, dokter atau bidan ketika konseling pra kehamilan juga menanyakan kepada calon ibu hamil yang berkaitan dengan fungsi organ kandungan (organ reproduksi). Hal seperti mestruasi, keluhan ketika datang bulan dan pertanyaan spesifik lainnya.

Semua jawaban untuk pertanyaan di atas haruslah jujur, sehingga dokter atau bidan dapat mengetahui dan memberikan masukan yang baik untuk bisa menangani jika terjadi masalah kesehatan sebelum masa kehamilan. Justru ini lebih baik, karena jika tindakan penanganan dilakukan ketika memasuki masa kehamilan malah akan lebih beresiko kepada si janin dan juga ibu nya sendiri.

Jadi bunda, jangan khawatir karena konseling pra kehamilan justru akan membantu proses kehamilan nanti akan berjalan dengan baik hingga persalinan datang. Nantikan informasi kesehatan bunda dan anak pada artikel-artikel selanjutnya. Semoga ini bisa bermanfaat untuk para bunda! -tia-

0 comments

Post a Comment